Bio Farma Uji Klinis Fase 3 Vaksin Covid-19 BUMN di Lombok, Begini Hasilnya

Senin, 11 Juli 2022 – 09:53 WIB
Bio Farma Uji Klinis Fase 3 Vaksin Covid-19 BUMN di Lombok, Begini Hasilnya - JPNN.com NTB
Sekretaris Perusahaan dan Hubungan Investor PT Bio Farma (Persero), R Rifa Herdian. (ANTARA/Nur Imansyah).

ntb.jpnn.com, PESKESMAS GUNUNG SARI - Uji klinis vaksin Covid-19 BUMN untuk fase ketiga telah dilaksanakan di Puskesmas Gunung Sari, Lombok Barat, NTB.

Vaksin Covid-19 BUMN ini diproduksi oleh Bio Farma.

Sekretaris Perusahaan dan Hubungan Investor PT Bio Farma (Persero), R Rifa Herdian, mengatakan uji klinis fase tiga vaksin Covid-19 BUMN ini sudah mendapatkan Persetujuan Pelaksanaan Uji Klinik (PPUK) yang ditandatangani Kepala Badan POM Penny K Lukito pada 6 Juni 2022.

"Vaksinasi Covid-19 merupakan game changer, untuk membantu bangsa Indonesia keluar dari permasalahan pandemi," ujarnya di Mataram, Sabtu (9/7).

Ia mengatakan, uji klinis fase tiga vaksin Covid-19 BUMN di Lombok ini melibatkan 953 relawan yang dipusatkan di Puskesmas Gunung Sari.

Selain di Lombok, uji klinis fase tiga juga dilaksanakan di Jakarta bekerja sama dengan FK Universitas Indonesia (UI), di Padang bekerja sama FK Universitas Andalas, di Makassar bekerja sama dengan FK Universitas Hasanuddin (Unhas) dan di Semarang bekerja sama dengan FK Universitas Diponegoro (Undip).

"Secara nasional uji klinis vaksin ini melibatkan 4.050 relawan. Mulai dari Padang, Jakarta, Semarang, Makassar dan Lombok," ucap Rifa.

Vaksin Covid-19 BUMN ini merupakan vaksin pertama yang pengembangannya dari hulu hingga hilir dikembangkan di Indonesia oleh Bio Farma.

Bio Farma telah melakukan uji klinis untuk fase 3 vaksin Covid-19 BUMN di Lombok, begini ternyata hasilnya
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia