Sidang Isbat Putuskan Iduladha hari Minggu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin: Kalau Tidak Sama, Semua Legawa

Kamis, 30 Juni 2022 – 14:23 WIB
Sidang Isbat Putuskan Iduladha hari Minggu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin: Kalau Tidak Sama, Semua Legawa - JPNN.com NTB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan keterangan saat meninjau peternakan sapi Kelompok Tani Ternak (KTT) Reyan Baru di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Kamis (30/6/2022). (ANTARA/Desca Lidya Natalia)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah jatuh pada Minggu, (10/7).

Penetapan ini diputuskan berdasarkan hasil sidang isbat.

Sementara, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan Iduladha jatuh pada Sabtu (9/6), berdasarkan hasil perhitungan wujudul hilal oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah.

Adanya perbedaan tersebut Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap tidak menimbulkan masalah.

"Sekarang masyarakat sudah dewasa, sudah legawa. Jadi, kalau ada yang tidak sama, semua sudah legawa,” kata Ma’ruf Amin di Lombok, NTB, Kamis (30/6).

Jika ada yang tidak sama, lanjut Ma’ruf Amin, masyarakat tidak akan menjadikannya masalah.

"Perbedaan itu sudah biasa. Dalam waktu-waktu tertentu, memang dulu ketika terjadi perbedaan, terjadilah keributan di masyarakat," tambahnya.

Namun saat ini, menurutnya, masyarakat dapat memilih dengan bebas sesuai keyakinan masing-masing untuk menjalankan ibadah salat Iduladha.

Sidang Isbat memutuskan hari raya Iduladha jatuh pada hari Minggu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin: kalau ada yang tidak sama, semua legawa
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia