PMK Merebak, Pemkot Jamin Pasokan Hewan Kurban Idul Adha Aman

Kamis, 19 Mei 2022 – 15:36 WIB
PMK Merebak, Pemkot Jamin Pasokan Hewan Kurban Idul Adha Aman - JPNN.com NTB
Ilustrasi: aktivitas pedagang ternak di Pasar Hewan Selagalas Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Selasa (17/5-2022). (Foto: ANTARA/Nirkomala)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Kebutuhan hewan kurban untuk Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah di Kota Matara, NTB, dipastikan akan terpenuhi.

Kebutuhan tersebut akan terpenuhi dari kandang-kandang peternak lokal.

Oleh karena itu, masyarakat diharapkan untuk tidak khawatir.

"Kandang-kandang termasuk kandang kumpul milik peternak lokal akan kami awasi, agar mereka tidak mendatangkan ternak dari kabupaten/kota yang sudah terjangkit virus penyakit mulut dan kuku (PMK)," kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kota Mataram Dijan, Rabu (18/5).

Pernyataan itu disampaikan menyikapi kekhawatiran masyarakat terhadap pemenuhan kebutuhan hewan kurban sebab belum adanya kepastian sampai kapan Pasar Hewan Selagalas ditutup guna menghindari penyebaran virus PMK.

Di Pulau Lombok, ada dua kabupaten yang sudah terdampak virus PMK, yakni Kabupaten Lombok Tengah dan Lombok Timur.

Karena itu, ternak untuk kurban yang masih bisa masuk dari Lombok Utara dan Lombok Barat yang ada di Narmada dan Gunung Sari.

"Pengawasan akan kami lakukan dengan bekerja sama dengan aparat kelurahan atau desa setempat untuk memastikan hewan kurban yang akan dijual didatangkan dari kandang sehat," katanya.

PMK kian merebak di Lombok, Pemkot Mataram jamin pasokan hewan kurban untuk hari raya Idul Adha terpenuhi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News