Cuaca NTB Akhir Juni: Potensi Hujan Tinggi Meski Kemarau

Selasa, 21 Juni 2022 – 15:20 WIB
Cuaca NTB Akhir Juni: Potensi Hujan Tinggi Meski Kemarau - JPNN.com NTB
Ilustrasi - Payung tersedia di halaman rumah warga di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) saat musim penghujan. ANTARA/Akhyar

ntb.jpnn.com, MATARAM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan masih adanya peluang hujan yang cukup tinggi hampir di seluruh wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) pada musim kemarau akhir Juni ini.

"Curah hujan di wilayah NTB pada dasarian III Juni 2022 hampir seluruhnya berada pada kategori rendah (0 - 50 mm/das)," kata Forecaster on duty BMKG Stasiun Klimatologi NTB Dewo Sulistio Adi W, Selasa (21/6).

Peluang hujan dengan intensitas >50 mm/dasarian diprakirakan berpotensi terjadi di sebagian wilayah NTB yaitu Lombok Barat, Mataram, Lombok Tengah, sebagian kecil Lombok Timur, sebagian kecil Sumbawa, sebagian Sumbawa Barat, Dompu, dan Bima bagian utara dengan peluang 10-50 persen.

Curah Hujan tertinggi terjadi di wilayah Narmada, Lombok Barat, dengan jumlah curah hujan sebesar 161 mm/dasarian.

Sifat hujan pada dasarian II Juni 2022 di wilayah NTB hampir seluruhnya berada pada kategori Atas Normal (AN) hanya di sebagian kecil wilayah Lombok Timur, Sumbawa, Bima dan Kota Bima berada pada kategori Bawah Normal (BN).

"Monitoring Hari Tanpa Hujan Berturut – turut (HTH) Provinsi NTB umumnya dalam kategori sangat Pendek (1 – 5 hari) hingga masih ada hujan sampai dengan updating. HTH terpanjang terpantau terjadi di wilayah Woha Kabupaten Bima, sepanjang 23 hari (Panjang)," katanya.

Update kondisi dinamika atmosfer terakhir menunjukkan Indeks ENSO berada pada kondisi La Nina Lemah (indeks ENSO : -0.85).

BMKG memprakirakan kondisi ENSO masih akan berlangsung pada kategori Netral hingga Juli-Agustus-September.

Hujan di NTB pada akhir Juni ini diprakirakan tetap tinggi
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia