Cuaca NTB Hari Ini: Hujan Ringan, Selamat Beraktifitas dan Salam Sehat!

Senin, 13 Juni 2022 – 08:45 WIB
Cuaca NTB Hari Ini: Hujan Ringan, Selamat Beraktifitas dan Salam Sehat! - JPNN.com NTB
Arsip Foto. Mendung penanda hujan. (ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Guyuran hujan dengan intensitas yang beragam akan membasahi sejumlah wilayah di Indonesia, Senin (13/6) ini.

Menurut prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Kota Mataram berpotensi mengalami hujan ringan.

Pulau Sulawesi, secara umum, diprakirakan menghadapi potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Intensitas hujan yang sama, dan disertai petir, berpeluang turun di Kota Mamuju.

Menurut BMKG, sirkulasi siklonik yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan di bagian wilayah Indonesia.

Sirkulasi siklonik di Samudra Hindia barat daya Banten dan Kalimantan Barat terpantau membentuk daerah konvergensi yang memanjang di Samudera Hindia barat Banten dari Kepulauan Bangka Belitung hingga Pesisir Barat Kalimantan Barat, dari Pesisir Utara Kalimantan hingga Kalimantan Barat, dan dari Kalimantan Tengah hingga perairan Barat Kalimantan Barat.

Menurut BMKG, daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Selat Makassar bagian selatan hingga perairan selatan Kalimantan dan dari Laut Banda hingga Sulawesi Tenggara bagian timur.

Menurut informasi prakiraan cuaca BMKG yang disiarkan via daring, hujan lebat berpotensi mengguyur Kota Pekanbaru dan Bandar Lampung dan hujan yang dapat disertai petir berpeluang terjadi di Kota Jambi dan Pangkalpinang.

Prakiraan cuaca di NTB hari ini: Berpotensi alami hujan ringan, selamat beraktifitas dan salam sehat selalu!

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News