Penting Bagi Calon Jemaah Haji: Jangan Sepelekan Tes PCR, Jadi Penentu Akhir ke Makkah

Kamis, 09 Juni 2022 – 18:37 WIB
Penting Bagi Calon Jemaah Haji: Jangan Sepelekan Tes PCR, Jadi Penentu Akhir ke Makkah - JPNN.com NTB
Ilustrasi. Masjidilharam di Makkah. Foto: ANTARA FOTO/REUTERS/Yasser Bakhsh/pras

ntb.jpnn.com, MATARAM - Keberangkatan calon jemaah haji Nusa Tenggara Barat (NTB) tinggal menghitung hari.

Kantor Kementerian Agama Kota Mataram menyebutkan, hasil tes PCR Covid-19 akan menjadi penentu keberangkatan calon haji ke Tanah Suci Makkah, Arab Saudi.

"Calon haji dites usap PCR untuk memastikan kondisi kesehatan jemaah. Jika ada yang ditemukan positif Covid-19, maka berpotensi penundaan kembali pemberangkatannya," kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram Muhammad Amin, Kamis (9/6).

Terkait dengan hal itu, dia meminta calon jemaah haji tetap menjaga kesehatan dengan membatasi diri dari berbagai aktivitas yang kurang produktif.

"Sebagai ikhtiar agar tidak gagal berangkat, kami sarankan kepada jemaah minimal tiga hari sebelum berangkat bisa istirahat total," katanya.

Apabila ada calon jemaah haji tahun ini tertunda keberangkatan tahun ini karena positif Covid-19, maka dia akan menjadi calon haji prioritas tahun depan.

"Tetapi kalau ada kelompok terbang (kloter) yang belum diberangkatkan sampai masa isolasi selesai, jemaah yang sudah negatif Covid-19 bisa masuk ke kloter tersebut," katanya.

Menyinggung tentang pemberian vaksin Covid-19 bagi calon haji, pihaknya memastikan semua calon haji sudah vaksin kedua serta vaksin meningitis.

Informasi penting bagi calon jemaah haji: Jangan sepelekan tes PCR, ini jadi penentu akhir keberangkatan ke Tanah Suci Makkah
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia