Demi MXGP di Samota, PUPR NTB Rela Alihkan Anggaran Jembatan Midang-Medas yang Rusak?

Kamis, 09 Juni 2022 – 07:30 WIB
Demi MXGP di Samota, PUPR NTB Rela Alihkan Anggaran Jembatan Midang-Medas yang Rusak? - JPNN.com NTB
Gubernur NTB Zulkieflimansyah berada di lokasi sirkuit MXGP di Samota. Ilustrasi. Foto: Instagram/Zulkieflimansyah

ntb.jpnn.com, MATARAM - Beredar kabar bahwa Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB) menggunakan anggaran perbaikan Jembatan Midang dan Medas di Kabupaten Lombok Barat dialihkan untuk menyukseskan perhelatan Motorcross Grand Prix (MXGP) di Samota, Kabupaten Sumbawa.

Terkait berita tersebut, Kepala Dinas PUPR NTB Ridwansyah membantah.

Pihaknya menegaskan, bahwa isu Pemprov NTB diam-diam mengalihkan anggaran jembatan Midang dan Medas senilai Rp 15 miliar pada APBD 2022 tidak benar dan tidak mendasar.

"Pemprov NTB belum pernah mengalokasikan anggaran untuk penggantian jembatan Midang dan Medas di DPA 2022. Jadi, tidak benar kalau ada anggapan bahwa dananya dipindahkan ke tempat lain atau ke MXGP," tegas Ridwansyah, Rabu (8/6).

Ia mengatakan, saat ini penggantian jembatan akibat bencana yang sudah dianggarkan adalah Jembatan Bengkang dan Jembatan Tebek, melalui program DAK 2022 yang pengusulannya dilakukan pada bulan April 2021.

"Kerusakan Jembatan Midang dan Jembatan Medas terjadi pada awal tahun 2022, di mana anggaran Tahun 2022 sudah ditetapkan. Jadi memang tidak pernah dibahas dalam proses penyusunan APBD 2022 di Komisi maupun Banggar DPRD NTB," ujar Dae Iwan sapaan akrabnya.

Menurut dia, usulan perbaikan jembatan Midang dan Medas tetap menjadi prioritas Pemprov NTB.

Namun, karena keterbatasan APBD, Pemprov NTB mengusulkan penggantian Jembatan Midang dan Jembatan Medas ditangani dengan dana APBN melalui BNPB.

Demi menyukseskan ajang balap MXGP di Samota, Dinas PUPR NTB rela mengalihkan anggaran untuk perbaikan Jembatan Midang dan Medas yang rusak?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News