4 Cara Menekan Penyebaran Hoaks, yang Terakhir Gawat

Rabu, 14 September 2022 – 14:00 WIB
4 Cara Menekan Penyebaran Hoaks, yang Terakhir Gawat - JPNN.com NTB
Ada 3 strategi untuk mengurangi penyebaran hoaks. Ilustrasi Grafis: Rahayuning Putri Utami/JPNN.com

ntb.jpnn.com, LOMBOK TIMUR - Ada empat cara untuk menekan penyebaran berita bohong atau hoaks, yakni cermati, cek, cari dan cepat.

Demikian disampaikan Kapolres Lombok Timur AKBP Hery Indra Cahyono dalam Festival Literasi Digital di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

"Cermati kesinambungan judul dan isi, cek sumber media dan aktualitasnya, cari perbandingan berita, cepat klarifikasi sumber berita dan laporkan," katanya.

Dalam pernyataan persnya, AKBP Hery menjelaskan bahwa faktor utama penyebab mudahnya penyebaran hoaks di Indonesia adalah adanya kecenderungan masyarakat yang kurang bertanggungjawab dalam bermedia sosial.

Selain itu, masyarakat juga ingin menjadi orang pertama dalam menyebarkan berita.

"Ada empat aspek terkait hoaks. Yakni, aspek ekonomi: memanfaatkan jumlah follower untuk mendapatkan keuntungan. Lalu aspek ideologi, menolak ideologi orang lain. Dilanjut provokasi: penikmat kericuhan akibat berita hoaks; dan sekadar lelucon, baik itu candaan atau kritik," katanya.

Tingginya penetrasi pengguna internet berkorelasi terhadap penyebaran maraknya berita hoaks dan kejahatan siber.

Menurutnya, tingkat penetrasi angka pertumbuhan pengguna internet di Indonesia dari tahun ke tahun meningkat cukup tinggi.

Setidaknya ada 4 strategi dalam mengurangi penyebaran berita bohong atau hoaks di masyarakat
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia