Belasan Calon TKI Ilegal Asal Lombok Timur Kembali ke Kampung Halaman

Senin, 11 Juli 2022 – 15:14 WIB
Belasan Calon TKI Ilegal Asal Lombok Timur Kembali ke Kampung Halaman - JPNN.com NTB
12 orang calon TKI ilegal tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM), Minggu (10/7/2022). ANTARA/HO-BP2MI

ntb.jpnn.com, LOMBOK TIMUR - Seluruh 13 orang calon TKI hasil yang nyaris berangkat ke Malaysia dipulangkan oleh Unit Pelaksana Teknis Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (UPT BP2MI) Nusa Tenggara Barat.

Pencegahan keberangkatan nonprosedural ke Malaysia ini dilakukan oleh Kepolisian Resor Bintan, Kepulauan Riau (Kepri).

"Sebanyak 13 orang CPMI nonprosedural tersebut berasal dari Kabupaten Lombok Timur. Mereka berhasil dicegah ke Malaysia oleh Kepolisian Bintan pada 3 Juli 2022," kata Kepala UPT BP2MI NTB Abri Danar Prabawa.

Dari 13 orang CPMI atau calon TKI ilegal tersebut, satu orang atas nama Herman, tidak kembali ke daerah asal dengan alasan akan bekerja di Batam.

Selanjutnya, sebanyak 12 orang warga Kabupaten Lombok Timur tersebut dipulangkan dan tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM), Minggu (10/7).

"Help Desk UPT BP2MI NTB di BIZAM, menerima berdasarkan informasi dari UPT BP2MI Kepri. Mereka diserahterimakan kepada pihak keluarga karena perwakilan dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lombok Timur tidak hadir," ujarnya.

Abri Danar menyebutkan sebanyak 12 warga Kabupaten Lombok Timur tersebut pulang menggunakan pesawat terbang dari Kepri ke Lombok dengan biaya mandiri.

Setelah tiba di bandar Lombok, UPT BP2MI NTB kemudian memfasilitasi kepulangan mereka ke daerah asal dan diserahkan kepada pihak keluarga disaksikan kepaladesa atau kepala dusun.

Belasan calon TKI ilegal asal Lombok Timur, NTB, telah kembali ke kampung halamannya
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia