Waspada Tahun Baru, Objek Wisata Akan Ditutup

Jumat, 30 Desember 2022 – 10:00 WIB
Waspada Tahun Baru, Objek Wisata Akan Ditutup - JPNN.com NTB
Ilustrasi: petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, memantau ketinggian gelombang di Pantai Mapak Indah, Kecamatan Sekarbela, Senin (26/12-2022). (Foto: ANTARA/Nirkomala)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Mengingat potensi cuaca ekstrem masih akan terjadi, BPBD Kota Mataram, mengusulkan agar objek wisata pantai ditutup selama libur Tahun Baru 2023.

"Kalau kondisi cuaca pada akhir pekan ini atau saat libur Tahun Baru, masih ekstrem, kami akan usulkan objek wisata pantai ditutup agar tidak ada masyarakat berlibur dan merayakan tahun baru di pantai," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Mataram Mahfuddin Noor, Kamis (29/12).

Menurutnya, kendati pada H+4 abrasi pantai kondisi cuaca di Mataram sedikit landai, namun berdasarkan informasi BMKG menyebutkan cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai angin kencang masih berpotensi terjadi sampai akhir Desember dan kemungkinan awal Baru Tahun 2023.

Sementara, ketinggian gelombang saat ini disebutkan BMKG khususnya di Selat Lombok bagian selatan mencapai 1,5 meter hingga 2,5 meter bahkan lebih.

"Karena itu, untuk saat ini kami tidak merekomendasikan masyarakat berwisata di sepanjang 9 kilometer Pantai Kota Mataram, begitu juga dengan nelayan agar tidak melaut," katanya.

Sementara, jika untuk tujuan perayaan Tahun Baru 2023, pada Sabtu (31/12-2022)-Minggu (1/1-2023), BPBD kembali akan melihat perkembangan kondisi cuaca.

"Kalau masih ekstrem, kita akan usulkan menutup semua akses menuju objek wisata pantai. Mulai dari Pantai Gading, Mapak, Loang Baloq, Ampenan, dan Pantai Meninting," katanya.

Lebih jauh, lanjut Mahfuddin mengatakan, selama terjadi cuaca ekstrem sejak awal pekan lalu, tim terpadu aktif melakukan pengawasan dan pemantauan pada sejumlah area publik termasuk sepanjang 9 kilometer pantai.

BPBD Kota Mataram mengusulkan objek wisata pantai ditutup saat libur Tahun Baru jika cuaca buruk
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia