Darurat Antisipasi Abrasi, Warga Mapak Indah Mataram Pasang Badan

Rabu, 28 Desember 2022 – 09:53 WIB
Darurat Antisipasi Abrasi, Warga Mapak Indah Mataram Pasang Badan - JPNN.com NTB
Sejumlah warga di Lingkungan Mapak Indah Kota Mataram, NTB, Senin (26/12/2022), bergotong royong membuat tanggul darurat untuk mengantisipasi gelombang pasang. ANTARA/Nirkomala

ntb.jpnn.com, MATARAM - Untuk antisipasi sementara potensi abrasi susulan, warga di Lingkungan Mapak Indah pasang badan dengan membuat tanggul darurat dari bambu dan karung berisi pasir.

Pemerintah Kecamatan Sekerbala Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, mengatakan, 

"Warga bersama tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas PUPR, sejak kemarin (Seni 26/12) membantu pembuatan tanggul darurat agar abrasi tidak meluas," kata Camat Sekarbela Cahya Samudra di Mataram, Selasa.

Menurutnya, abrasi pantai yang terjadi sejak Kamis (22/12) mengakibatkan banyak 18 unit rumah di Kecamatan Sekarbela tergerus gelombang pasang hingga 3-4 meter.

Karenanya, pembuatan tanggul sementara tersebut sebagai penanganan kedaruratan dengan harapan bisa mencegah abrasi pantai yang lebih luas.

Ia mengatakan, sebenarnya pembuatan tanggul darurat baik dengan bambu maupun karung berisi pasir sudah sering kali dilakukan. Akan tetapi keberadaannya tidak bertahan lama.

"Kalau gelombang pasang terjadi lagi, sering kali tanggul darurat yang kita buat juga terseret arus sebab ketika terjadi puncak angin barat ketinggian gelombang bisa mencapai empat meter," katanya.

Terkait dengan itu, lanjut Cahya, BPBD Kota Mataram telah mengusulkan untuk pembuatan bronjong ke Balai Wilayah Sungai (BWS) pada sempadan pantai yang masih ditempati warga.

Warga Mapak Indah Mataram telah membuat tanggul darurat untuk mengantisipasi abrasi
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia