Cegah Abrasi Pantai, Pemprov NTB Pasang Beronjong

Senin, 26 Desember 2022 – 20:05 WIB
Cegah Abrasi Pantai, Pemprov NTB Pasang Beronjong - JPNN.com NTB
Sejumlah warga di Lingkungan Mapak Indah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Senin (26/12/2022), bergotong royong membuat talut sementara untuk mengantisipasi gelombang pasang. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Sebagai salah satu solusi jangka pendek, Pemprov NTB akan memasang beronjong untuk mencegah abrasi pantai di Lingkungan Mapak Indah, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram.

"Beronjong ini upaya kita jangka pendek dengan menyelesaikan tanggap darurat yang terjadi akibat cuaca ekstrem," kata Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda NTB Nurhandini Eka Dewi, Senin (26/12).

Hal itu disampaikan Nurhandini usai rapat koordinasi bersama jajaran Pemerintah Kota Mataram terkait penanganan abrasi pantai di Kota Mataram yang terjadi pada Kamis (22/12), yang mengakibatkan sebanyak 18 Kepala Keluarga (KK) di Kecamatan Sekarbela kehilangan rumahnya dan kini mengungsi ke rumah keluarga terdekat.

Menurut dia, beronjong yang akan dipasang itu dimaksudkan untuk memecah gelombang di kawasan yang rawan abrasi. Selain itu, juga disiapkan sebanyak 10.000 karung berisi pasir.

Beronjong dan karung berisi pasir ini akan dikerjakan dalam waktu dekat dan akan diselesaikan oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) dalam waktu singkat.

"Untuk proses pemasangannya, petugas masih menghitung kebutuhan sehingga bisa dikerjakan dan diselesaikan segera," katanya.

Terkait dengan warga yang terdampak abrasi dan masih mengungsi ke rumah keluarga terdekat, kata dia, pemerintah daerah akan membantu untuk memenuhi kebutuhan pokoknya dan kesehatan mereka.

"Kami mensinergikan apa yang dimiliki pemerintah provinsi dan pemerintah kota untuk menyelesaikan permasalahan warga di pesisir," katanya.

Pemprov NTB memasang beronjong untuk mencegah abrasi pantai di Mataram
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia