Ratusan Hektare Sawah di NTB Terendam Banjir

Senin, 26 Desember 2022 – 16:15 WIB
Ratusan Hektare Sawah di NTB Terendam Banjir - JPNN.com NTB
Areal persawahan yang terendam air akibat luapan aliran sungai dan irigasi seiring tingginya intensitas hujan di Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Minggu (25/12/2022). ANTARA/HO-Dinas Pertanian dan Perkebunan NTB

ntb.jpnn.com, MATARAM - Tingginya intensitas hujan di Nusa Tenggara Barat sejak tiga hari terakhir membuat ratusan hektare tanaman padi terendam banjir.

Hal ini terjadi akibat meluapnya sejumlah aliran irigasi.

"Kalau ditotal ya bisa ratusan hektare (terendam banjir). Tetapi, berapa angka pastinya masih dalam pendataan petugas di lapangan," kata Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan NTB Fathul Gani saat dihubungi melalui telepon dari Mataram, NTB, Minggu (25/12).

Ia mengatakan, lahan persawahan yang terendam ini berada di Kabupaten Lombok Tengah dan Kecamatan Lembar dan Gerung di Kabupaten Lombok Barat.

Rata-rata, tanaman padi yang terendam ini berada di dataran rendah dan aliran air tidak begitu lancar.

"Yang paling terdampak rata-rata area pertanian yang berada dekat dengan radius pesisir, dataran rendah, aliran air tidak begitu lancar, kemudian air laut juga lagi pasang," ungkapnya.

Menurutnya, lahan persawahan yang terendam banjir ini rata-rata baru berumur 14 hari atau dua minggu setelah ditanam, sehingga diperkirakan masih aman dari kerusakan.

Namun demikian, untuk mengantisipasi kerusakan, pihaknya mengupayakan perbaikan pada drainase-drainase untuk mengalirkan genangan air sehingga tanaman padi tidak terlalu lama terendam.

Intensitas hujan meningkat, ratusan hektare sawah di NTB terendam banjir
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia