Berantas Pinjol, Akankah Program Ekonomi Syariah Jadi Solusi?

Sabtu, 03 Desember 2022 – 13:56 WIB
Berantas Pinjol, Akankah Program Ekonomi Syariah Jadi Solusi? - JPNN.com NTB
Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Hj. Sitti Rohmi Djalilah. (ANTARA/Nur Imansyah)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Wagub NTB, Sitti Rohmi Djalilah mengajak masyarakat untuk mendukung program ekonomi syariah sebagai langkah edukasi dan tidak terjebak pinjaman online (pinjol) dan rentenir.

Sasaran dari program syariah ini adalah menitikberatkan pada masyarakat kecil.

"Sasarannya kan masyarakat kecil karena memang caranya sangat mudah dan tidak ada beban, sehingga begitu dapat duit, tidak bisa diganti, mereka yang tidak bisa apa-apa terjebak sudah, sedangkan ini yang harus kita selamatkan," ujarnya dalam keterangan tertulis diterima wartawan, Jumat (2/12).

Wagub Rohmi mengaku sangat mendukung edukasi mengenai ekonomi syariah yang merupakan salah satu program dari Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) yang dapat sekaligus memberikan edukasi mengenai narkoba, bahaya terjebak pinjol hingga rentenir yang sasarannya menitikberatkan pada masyarakat-masyarakat kecil.

"Sosialisasi dan edukasi memang dibutuhkan supaya masyarakat tahu syariah itu demi kemaslahatan semua. Literasi dan proses edukasi harus lebih ditekankan khususnya melalui sekolah dengan cara yang persuasif sesuai tingkatannya, baik TK, SD, SMP, maupun SMA," terang Wagub NTB.

Selain melakukan edukasi di sekolah, masjid, dan musholla, juga dapat menggunakan Posyandu Keluarga berbasis dusun agar masyarakat melek tentang ekonomi dan keuangan syariah.

Direktur Jasa Keuangan Syariah KNEKS, Taufik Hidayat menilai potensi ekonomi syariah di NTB sangat luar biasa.

Bahkan, NTB menjadi salah satu daerah tercepat keempat pembentukan KDEKS sehingga dapat menjadi pelopor dan merupakan ekosistem pengembangan ekonomi syariah.

Wagub NTB mengajak warga untuk mendukung program ekonomi syariah untuk memberantas keberadaan pinjol
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia