Siaga Bencana Alam: Stok Logistik Aman?

Kamis, 20 Oktober 2022 – 14:02 WIB
Siaga Bencana Alam: Stok Logistik Aman? - JPNN.com NTB
Kepala BPBD Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat Ridwan Maruf (ANTARA/Akhyar)

ntb.jpnn.com, LOMBOK TENGAH - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menyebutkan stok logistik untuk bantuan penanggulangan bencana alam sejauh ini masih aman.

"Logistik bantuan bencana alam tetap ada," kata Kepala BPBD Kabupaten Lombok Tengah Ridwan Maruf, Kamis (20/10).

Ia mengatakan, logistik bantuan stimulan bagi korban bencana alam untuk perbaikan rumah yang rusak diterjang bencana juga tetap dipersiapkan.

Namun, untuk saat ini masih belum ada rumah warga yang rusak diterjang bencana alam, baik banjir, angin kencang, maupun puting beliung.

"Kalau bantuan logistik kedaruratan atau makanan langsung diberikan kepada korban," katanya.

Pemberian bantuan stimulan bagi korban bencana alam tersebut, katanya, harus dilakukan pendataan sesuai dengan kondisi kerusakan dan bantuan yang diberikan disesuaikan dengan kemampuan pemerintah daerah.

"Harus dilakukan verifikasi dan penghitungan kerugian material, baru kemudian diberikan bantuan material untuk memperbaiki rumah mereka yang rusak," katanya.

Ia mengatakan status darurat kekeringan saat ini di Lombok Tengah masih belum dicabut, meskipun saat ini di beberapa wilayah dilanda banjir dan musim hujan telah mulai.

Begini pernyataan BPBD Lombok Tengah terkait ketersediaan stok logistik bantuan bencana alam
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia