Banjir bandang Lombok Rusak Puluhan Hektare Sawah

Senin, 17 Oktober 2022 – 11:22 WIB
Banjir bandang Lombok Rusak Puluhan Hektare Sawah - JPNN.com NTB
Alat berat yang diturunkan untuk membersihkan material banjir bandang di wilayah Kecamatan Pamenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (ANTARA/Humas SAR Mataram)

ntb.jpnn.com, LOMBOK - Puluhan hektare lahan persawahan milik warga di Dusun Pusuk Bantenan dan Pengempus Sari Desa Manggala, Kecamatan Penenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat terendam air.

Hal ini terjadi akibat banjir bandang yang terjadi pada Minggu malam (16/10).

"Dampak banjir bandang itu mengakibatkan puluhan hektare lahan persawahan terendam banjir," kata Plt Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Lombok Utara, I Nyoman Juliada, Senin (17/10).

Selain itu, dampak banjir bandang dan tanah longsor yang melanda wilayah setempat juga mengakibatkan tertutupnya badan jalan oleh materi longsor.

Sehingga, jalur di wilayah Sentangi, Malimbu, Nipah, dan jalan utama tertutup total oleh material longsor dan pohon tumbang.

"Aparat gabungan sudah turun langsung membersihkan material longsor yang menutupi jalan," katanya.

Ia mengatakan, berdasarkan data sementara jumlah warga yang terdampak banjir bandang tersebut di Dusun Malimbu 153 KK atau 478 jiwa, Dusun Sentangi 93 KK atau 281 jiwa, Dusun Nipah 105 KK atau 321 jiwa.

Sedangkan, rumah warga yang terendam banjir luapan dua rumah di Dusun Telaga Wareng Desa Pemenang Barat, Pemenang, satu rumah di Dusun Malimbu dan enam rumah di Dusun Sentagi Desa Malaka.

BPBD nenyebutkan bahwa banjir bandang di Lombok telah merusak puluhan hektare lahan persawahan
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia