Awas Hujan Lebat di NTB, Potensi Petir

Selasa, 04 Oktober 2022 – 10:49 WIB
Awas Hujan Lebat di NTB, Potensi Petir - JPNN.com NTB
Ilustrasi - Penyeberang jalan melintas di zebra cross Jakarta. (ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan adanya potensi hujan lebat di sebagian besar wilayah Indonesia, termasuk Nusa Tenggara Barat (NTB.

Potensi yang sama juga terjadi di wilayah lain, termasuk adanya hujan deras yang disertai petir, seperti Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Dalam peringatan dini cuaca dikutip di BMKG, juga disebutkan adanya peringatan akan hujan lebat di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Sementara, wilayah Bali dan Sulawesi Tenggara dapat mengalami hujan dengan intensitas yang lebih rendah.

Beberapa kota besar juga diprakirakan mengalami hujan lebat disertai petir pada hari ini seperti Banda Aceh, Bengkulu, Yogyakarta, Gorontalo, Banjarmasin, Samarinda, Bandar Lampung, Pekanbaru, Mamuju, dan Medan.

Untuk wilayah DKI Jakarta, hujan ringan berpotensi turun di Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Kepulauan Seribu. Sementara itu, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur diprakirakan mengalami hujan lebat disertai petir.

BMKG memperingatkan bahwa wilayah Provinsi Aceh dan Jawa Barat masuk dalam kategori siaga dampak hujan lebat seperti banjir.

Untuk kategori waspada diberikan kepada Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Kep. Bangka Belitung, Kep. Riau, DKI Jakarta, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Banten, dan Bali.

BMKG peringatkan adanya potensi hujan lebat di sebagian wilayah Indonesia, termasuk NTB, yang juga disertai dengan petir
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia