Suhu Gunung Rinjani Merosot

Selasa, 27 September 2022 – 14:28 WIB
Suhu Gunung Rinjani Merosot - JPNN.com NTB
Peserta Rinjani Color Run Antara NTB saat berlari di jalan raya di kawasan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur beberapa waktu lalu (ANTARA/Akhyar)

ntb.jpnn.com, GUNUNG RINJANI - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan suhu pada malam hari di wilayah Gunung Rinjani, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat akan mencapai 19-20 derajat Celcius.

Suhu ini memungkinkan terjadinya kabut atau kondisi yang lebih dingin akibat kondisi elevasi yang lebih tinggi.

"Pada siang hari, suhu maksimum di kawasan Gunung Rinjani itu bisa mencapai 30-33 derajat Celcius," kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid, Lombok, Alfiansyah Pradana, Selasa (27/9).

Ia mengatakan, suhu untuk wilayah NTB secara umum berkisar antara 23-35 derajat Celcius, namun di wilayah Sembalun atau kaki Gunung Rinjani cenderung lebih dingin diakibatkan kondisi elevasi lebih tinggi dan berada di wilayah pergunungan atau dataran tinggi.

"Cuaca saat peralihan musim kemarau ini di wilayah Gunung Rinjani lebih dingin," katanya.

BMKG juga menyatakan, bahwa cuaca secara umum di wilayah Gunung Rinjani dan sekitarnya diprediksi cerah hingga hujan ringan.

Namun perlu diwaspadai pada siang hingga sore hari dapat berpotensi terjadi hujan yang dapat disertai kilat/ petir dan angin kencang di wilayah Lombok bagian Utara termasuk di dalamnya sebagian wilayah Gunung Rinjani yang dapat menimbulkan bencana alam seperti banjir, tanah longsor maupun pohon tumbang.

"Hujan diprakirakan terjadi siang hingga sore hari," katanya.

BMKG menyebutkan suhu di sekitaran Gunung Rinjani akan mencapai 19-22 derajat Celcius

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News