Promosi NTB dalam WSBK 2022 di Mandalika

Sabtu, 17 September 2022 – 20:36 WIB
Promosi NTB dalam WSBK 2022 di Mandalika - JPNN.com NTB
Ilustrasi batik Sasambo. Foto: Antara

ntb.jpnn.com, MATARAM - World Superbike (WSBK) 2022 di Sirkuit Mandalika dipastikan tidak hanya menyajikan tontonan balap, tetapi juga menjadi ajang promosi bagi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pemprov NTB berencana akan memunculkan gadis payung atau "umbrella girl" dengan mengenakan pakaian adat tiga suku besar di wilayah itu yakni Sasak, Samawa dan Mbojo (Sasambo).

Komandan Lapangan WSBK Mandalika, Jamaluddin Maladi mengatakan, pemilihan gadis payung dengan mengenakan pakaian adat daerah ini selain mendukung balapan juga untuk mempromosikan nilai-nilai lokal kepada penonton di seluruh dunia.

Untuk pemilihan gadis payung sendiri akan dilakukan oleh Dinas Pariwisata (Dispar) NTB.

"Umbrella girl atau gadis payung bukan dari orang asing atau luar negeri. Gadis payung ini berasal dari orang lokal yang memakai pakaian adat Sasambo," katanya di Mataram, Jumat (16/9).

Jamaluddin mengatakan, ketika terpilih, nantinya mereka akan disiapkan mendampingi atau memayungi para "rider" Superbike dengan tampilan mengenakan baju adat NTB.

"Nanti untuk payungnyapun diupayakan menggunakan khas tenun Sasambo," kata pria yang juga Staf Ahli Gubernur NTB Bidang Sosial Kemasyarakatan ini.

Selain pemilihan gadis payung, ada berbagai kegiatan lokal dalam mendukung dan meningkatkan ekonomi masyarakat, di antaranya, Lombok Sumbawa Fair atau pameran produk lokal produksi UMKM setempat dan lomba e-sports (game online) yang saat ini digandrungi anak-anak muda.

Ajang balap WSBK 2022 di Mandalika juga akan menjadi momen untuk mempromosikan pariwisata NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News