Kembali dari Makkah, Jemaah Haji Wajib Swab, Jika Positif…

Senin, 01 Agustus 2022 – 18:00 WIB
Kembali dari Makkah, Jemaah Haji Wajib Swab, Jika Positif… - JPNN.com NTB
Ilustrasi. Seluruh jemaah haji yang telah tiba di tanah air harus melakukan tes antigen Covid-19 sebelum bertemu keluarga. (ABC News: Stefan Lowe)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Seluruh jemaah haji yang baru tiba dari Tanah Suci Makkah, Arab Saudi, wajib menjalani tes usap antigen Covid-19.

Hal tersebut telah dilakukan 393 jemaah haji asal Mataram yang telah tiba Sanin (1/8) pagi di Bandara Lombok, NTB.

Seluruh hasil tes dinyatakan negatif.

Rombongan tersebut adalah kloter satu dari Embarkasi Lombok.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram H Muhammad Amin menyebutkan, jika di kloter-kloter berikutnya ada ditemukan hasil tes positif, maka akan dilakukan tindakan mitigasi.

Jemaah haji yang positif tanpa gejala disarankan untuk melakkan karantina mandiri.

"Untuk identitas dan alamat haji yang positif tanpa gejala, kami koordinasikan dengan kabupaten/kota asal, terkait pengawasan karantina mandiri," katanya.

Sedangkan bagi anggota jamaah yang dinyatakan positif dengan gejala, katanya, sesuai SOP akan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) NTB untuk dilakukan tes usap PCR dan jika hasilnya positif maka akan dilakukan perawatan secara intensif di RSUP NTB.

Saat kembali dari Tanah Suci Makkah, seluruh jemaah haji diwajibkan melakukan tes swab, jika hasilnya positif harus melakukan ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News