Aman dari Covid-19, Jemaah Haji Dites Antigen di Mataram

Sabtu, 30 Juli 2022 – 07:58 WIB
Aman dari Covid-19, Jemaah Haji Dites Antigen di Mataram - JPNN.com NTB
Ilustrasi: Para keluarga jemaah haji, Jumat (29/7-2022) mengambil tanda pengenal di Kantor Kementerian Agama Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, untuk proses penjemputan jemaah haji kelompok terbang pertama yang dijadwalkan tiba pada Senin (1/8-2022) sekitar pukul 07.00 Wita. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Lombok akan melakukan tes usap antigen Covid-19 kepada jemaah haji yang tiba di Asrama Haji Jalan Lingkar Selatan Kota Mataram. 

Demikian diungkapkan Kantor Kementerian Agama Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

"Tes usap ini dimaksudkan untuk memastikan adanya indikasi jemaah terpapar Covid-19," kata Kemenag Kota Mataram H Muhammad Amin, Jumat (29/7).

Sebanyak 395 haji kelompok terbang (kloter) satu yang dijadwalkan tiba di Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid pada Senin, 1 Agustus 2022, dan langsung akan masuk asrama haji untuk dilakukan tes usap antigen.

Menurutnya, bagi jemaah yang hasil tes usap  positif akan ditindaklanjuti oleh tim dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

"Jemaah yang positif Covid-19, mungkin tidak dibolehkan pulang dulu. Sedangkan yang hasil tes usapnya negatif bisa langsung pulang," katanya.

Namun demikian, lanjutnya, tim dari Dinas Kesehatan akan tetap melakukan pemantauan terhadap kondisi kesehatan jemaah hingga dua minggu ke depan.

"Harapan kami tidak ada jemaah yang dinyatakan positif Covid-19 dan setiba di rumah, jemaah bisa istirahat untuk tetap menjaga kesehatan," katanya. (antara/ket/jpnn)

Untuk memastikan aman dari virus Covid-19, seluruh jemaah haji akan dites antigen di Mataram

Redaktur & Reporter : Ni Ketut Efrata Fransiska

Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia