Jemaah Haji Kembali dari Makkah, Kemenag Mataram Terapkan Karantina

Jumat, 15 Juli 2022 – 10:59 WIB
Jemaah Haji Kembali dari Makkah, Kemenag Mataram Terapkan Karantina  - JPNN.com NTB
Ilustrasi ibadah haji. Foto: ANTARA FOTO/Saudi Press Agency/Handout via REUTERS/pras/cfo

ntb.jpnn.com, MATARAM - Para jemaah haji dijadwalkan kembali ke tanah air pada awal bulan Agustus mendatang.

Terkait dengan kepulangan jemaah haji dari Makkah, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram siap menerapkan aturan karantina dan protokol kesehatan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram H Muhammad Amin mengatakan, bahwa Kantor Kemenag masih menunggu arahan dari pemerintah pusat mengenai teknis pelaksanaan ketentuan tersebut.

"Hari ini kami baru membaca dari media saja, sementara aturan resmi terkait kebijakan karantina itu belum kita terima dari pemerintah pusat," katanya.

Ia menjelaskan, bahwa penggunaan fasilitas terpusat untuk karantina jemaah haji sebelum pulang ke rumah masing-masing akan membutuhkan persiapan.

Namun, ia melanjutkan, kalau pemerintah hanya mewajibkan isolasi mandiri, maka pemerintah daerah tidak perlu menyiapkan fasilitas karantina khusus.

"Kecuali mungkin kalau ada indikasi jemaah yang terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil pemeriksaan tes suhu tubuh saat tiba di bandara," katanya.

Amin mengatakan bahwa jemaah haji asal Kota Mataram meliputi 395 orang yang terdiri atas 189 laki-laki dan 206 perempuan.

Para jemaah haji segera kembali dari Tanah Suci Makkah, Kantor Kemenag Mataram terapkan karantina
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia