Ribuan Hektare Lahan Tembakau di Lombok Tengah Rusak! Salahkan Hujan

Selasa, 14 Juni 2022 – 15:46 WIB
Ribuan Hektare Lahan Tembakau di Lombok Tengah Rusak! Salahkan Hujan - JPNN.com NTB
Tanaman tembakau milik petani di wilayah Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). ANTARA/Akhyar

ntb.jpnn.com, LOMBOK TENGAH - Curah hujan yang terjadi selama beberapa pekan lalu berdampak cukup besar pada pertanian tembakau.

Berdasarkan laporan Dinas Pertanian dan Peternakan Lombok Tengah dampak curah hujan tersebut merusak tanaman tembakau seluas 525 hektare di Kecamatan Praya Timur dan 823 hektare di Kecamatan Pujut.

Kondisi cuaca saat ini memang tidak menentu, sehingga apabila terjadi hujan terus menerus, tanaman tembakau para petani yang telah tumbuh akan rusak atau mati.

"Sebagian para petani harus melakukan penyulaman terhadap tanaman tembakau yang mati terdampak hujan," ujar Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Lombok Tengah Lalu Taufikurahman, Senin (13/6).

Hujan yang masih terjadi saat musim kemarau ini, lanjutnya, bisa merugikan para petani tembakau.

Sejumlah wilayah di Lombok Tengah telah ditanami tembakau, sehingga ketika terjadi hujan bisa merusak tanaman tembakau yang ditanam tanpa drainase.

Sedangkan, petani yang telah melakukan penanaman dengan dengan sistem drainase bisa mengurangi dampak hujan yang terjadi.

"Sebagian petani telah melakukan penanaman tembakau dan masih ada juga yang sedang proses penanaman," ujarnya.

Ribuan hektare lahan pertanian tembakau di Lombok Tengah rusak gara-gara hujan turun dalam beberapa pekan lalu
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia