Army BTS Amankan Biota Bawah Laut di Lombok Utara

Selasa, 14 Juni 2022 – 08:13 WIB
Army BTS Amankan Biota Bawah Laut di Lombok Utara - JPNN.com NTB
Penggemar BTS melakukan transplantasi terumbu karang di kawasan wisata Taman Laut Pantai Pandanan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. ANTARA/HO-BTS

ntb.jpnn.com, LOMBOK UTARA - Aksi peduli lingkungan kali ini datang dari BTS Army Project (BAP).

Salah satu base Army (sebutan penggemar BTS) melakukan transplantasi terumbu karang di destinasi wisata Taman Laut Pantai Pandanan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hardyanti Mulyani Hastuti, selaku penanggung jawab kegiatan, menjelaskan ekosistem terumbu karang merupakan habitat penting bagi biota laut yang perlu dijaga dan dilestarikan bersama.

Terumbu karang, selain sebagai tempat tinggal ikan dan makhluk laut lainnya, juga berfungsi menahan dan memperlambat arus ombak yang datang ke pesisir.

Hal itu, kata dia, bermanfaat untuk mencegah erosi pantai dan mengurangi dampak jika terjadi gelombang besar seperti tsunami.

"Berangkat dari hal tersebut, kami penggemar BTS di Lombok, bersama Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Pandanan melakukan transplantasi sebagai bentuk upaya rehabilitasi terumbu karang di Taman Laut Pantai Pandanan," katanya, Senin (13/6).

Ia menyebutkan, media tanam yang digunakan memiliki bentuk yang berbeda-beda dan dibuat sesuai dengan permintaan Army sendiri.

Terdapat tiga meja besi berbentuk logo BTS, Army, dan BAP yang digunakan untuk mentransplantasi ratusan bibit terumbu karang yang sudah disediakan.

Kelompok penggemar BTS, Army, lakukan transplantasi terumbu karang di Taman Laut Pantai Pandanan, Lombok Utara
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia