Sukseskan Sensus Penduduk 2022, Pemkab Lombok Tengah Tekankan Hal Ini

Selasa, 31 Mei 2022 – 17:29 WIB
Sukseskan Sensus Penduduk 2022, Pemkab Lombok Tengah Tekankan Hal Ini - JPNN.com NTB
Warga antre membuat dokumen kependudukan di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Lombok Tengah, NTB. (ANTARA/Akhyar)

ntb.jpnn.com, LOMBOK TENGAH - Pemerintah mengajak masyarakat untuk menyukseskan sensus penduduk lanjutan di 2022.

Demikian disampaikan Pemkab Lombok Tengah sebagai ikhtiar untuk mewujudkan Satu Data Kependudukan Indonesia.

"Saya menghimbau kepada seluruh camat, lurah, dan kepala desa untuk membantu petugas dalam melaksanakan pendataan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan," kata Asisten I Setda Lombok Tengah Lalu Wiraningsung, Selasa (31/5).

Sensus Penduduk 2020 (SP2020) adalah sensus penduduk ketujuh di Indonesia pascakemerdekaan tahun 1945 dan merupakan kegiatan nasional yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik dan sejalan dengan rekomendasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Kegiatan SP2020 bertujuan untuk memperoleh data dasar kependudukan strategis dan terkini sebagai ikhtiar untuk mewujudkan Satu Data Kependudukan Indonesia," katanya.

Rangkaian kegiatan SP2020 terbagi ke dalam dua tahapan, yaitu pendataan penduduk dengan menggunakan kuesioner sederhana (short form) pada tahun 2020, dilanjutkan dengan pendataan menggunakan kuesioner yang lebih rinci (long form) melalui kegiatan sensus sampel pada tahun 2021.

"Karena pandemi, kegiatan yang rencananya dilaksanakan pada tahun 2021 ditunda menjadi tanggal 15 Mei hingga 30 Juni 2022," ujarnya.

Keluaran dari tahapan di tahun 2020 adalah jumlah penduduk Indonesia yang dirinci ke dalam beberapa variabel, sedangkan data-data terkait parameter demografi, seperti kelahiran, kematian, dan migrasi serta informasi penting lainnya guna menghasilkan indikator Sustainable Development Goals (SDGs) dan RPJMN bidang kependudukan akan diperoleh melalui pendataan sensus sampel di tahun 2021.

Untuk turut menyukseskan sensus penduduk 2022, Pemkab Lombok Tengah mengimbau masyarakat untuk berperan aktif
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia