Cuaca NTB Hari Ini: Hujan Lebat dan Kilat, Potensi Wilayah Lain Nyaris Sama

Rabu, 21 September 2022 – 07:27 WIB
Cuaca NTB Hari Ini: Hujan Lebat dan Kilat, Potensi Wilayah Lain Nyaris Sama  - JPNN.com NTB
Hujan. Foto : Ricardo/JPNN.com

ntb.jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat untuk waspada terhadap adanya potensi hujan lebat di Nusa Tenggara Barat, Rabu (21/9).

Potensi hujan ini lebat ini juga dapat disertai kilat dan angin kencang.

Dalam sistem peringatan dini cuaca, BMKG juga memprakirakan wilayah lain dengan potensi yang sama, yakni Aceh, Bangka Belitung, Banten, dan Bengkulu.

Kemudian, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, dan Maluku Utara.

Selanjutnya, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatra Barat, Sumatra Utara, dan Sumatra Selatan.

BMKG juga meminta masyarakat pesisir mewaspadai gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada 20-21 September 2022.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar selalu waspada," kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo.

Eko mengemukakan, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur-Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot.

Prakiraan cuaca di kawasan NTB Rabu ini diprakirakan hujan lebat dan kilat, sementara potensi di wilayah lain nyaris sama
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia