Awas! Hujan Lebat dan Angin Kencang di NTB

Kamis, 06 Oktober 2022 – 12:09 WIB
Awas! Hujan Lebat dan Angin Kencang di NTB - JPNN.com NTB
Arsip Foto. Warga menggunakan payung untuk menghindari guyuran hujan. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

ntb.jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeuarkan peringatan dini teerkait potensi hujan lebat di sebagian besar wilayah provinsi di Indonesia pada Kamis (6/10).

Potensi ini disertai kilat dan angin kencang.

Hal tersebut diperkirakan terjadi di Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua, dan Papua Barat.

Menurut siaran informasi cuaca BMKG, hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang juga berpeluang terjadi di bagian wilayah Provinsi Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Bali.

Di wilayah Provinsi DKI Jakarta, hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang berpeluang terjadi pada sore dan menjelang malam hari di Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur.

Menurut BMKG, peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan daerah konvergensi atau daerah pertemuan angin meningkatkan peluang hujan di wilayah Indonesia. 

BMKG menyatakan bahwa sirkulasi siklonik terpantau di sekitar Kalimantan Utara dan Selat Makassar, yang antara lain membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Tengah serta dari Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Barat.

Di samping itu, daerah konvergensi terpantau memanjang dari Aceh hingga Sumatera Utara, dari Perairan Barat Sumatera Barat hingga Sumatera Barat, dari Laut Jawa hingga Bangka Belitung, dari Jawa Tengah hingga Jawa Barat, dari Laut Sulawesi hingga Kalimantan Utara, serta Papua hingga Papua Barat. (antara/ket/jpnn)

BMKG memprakirakan terjadi hujan lebat yang disertai dengan angin kencang berpotensi melanda wilayah NTB

Redaktur & Reporter : Ketut Efrata

Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia