Cuaca NTB Hari Ini: Waspada Hujan Serta Angin Kencang

Jumat, 30 September 2022 – 12:38 WIB
Cuaca NTB Hari Ini: Waspada Hujan Serta Angin Kencang - JPNN.com NTB
Hujan ringan Foto : Ricardo/JPNN.com

ntb.jpnn.com, MATARAM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca selama tiga hari ke depan wilayah Nusa Tenggara Barat.

Diprakirakan akan terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Potensi hujan sedang hingga lebat mulai terjadi 30 September hingga 2 Oktober 2022," kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Zaenudin Abdul Majid, Lombok, I Gusti Agung Angga di Praya, Jumat (30/9).

Dengan adanya potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang itu masyarakat diharapkan tetap mewaspadai dampak bencana alam yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang, dan genangan air.

Potensi hujan hari ini terjadi di wilayah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat, Dompu, Kota Bima, dan Kabupaten Bima.

Pada tanggal 1-2 Oktober terdapat potensi hujan sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah, Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur, Kabupaten Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima dan Dompu.

"Kecepatan maksimum angin meningkat hingga 37 kilometer per jam. Potensi hujan diprediksi terjadi siang hingga sore hari," katanya.

BMKG menyatakan, memasuki akhir periode musim kemarau 2022 dan masa peralihan musim kemarau ke musim hujan, masyarakat perlu mewaspadai adanya potensi hujan dan cuaca ekstrem yang bisa terjadi secara tiba-tiba dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Prakiraan cuaca di wilayah NTB hari ini waspadai hujan dan angin kencang di wilayah NTB
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia