Info Penting BMKG NTB: Gelombang Tinggi Siap Menghantam Selat Lombok dan Sape, Waspada!

Sabtu, 13 Agustus 2022 – 09:47 WIB
Info Penting BMKG NTB: Gelombang Tinggi Siap Menghantam Selat Lombok dan Sape, Waspada! - JPNN.com NTB
Perahu nelayan di pesisir Pantai Selong Belanak, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (ANTARA/Akhyar)

ntb.jpnn.com, PRAYA - Masyarakat diharapkan untuk waspada akan potensi gelombang tinggi di wilayah Selat Lombok bagian utara dan selatan, Selat Sape bagian selatan hingga Samudra Hindia di perairan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Gelombang diperkirakan mencapai dua meter lebih.

Untuk itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga agar tidak lengah dan menganggap remeh prakiraan  ini.

"Warga harus mewaspadai gelombang tinggi yang bisa mencapai dua meter atau lebih di perairan NTB," kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid Lombok Ari Wibianto, Sabtu (13/8).

BMKG juga menyatakan risiko cukup tinggi terhadap pelayaran dampak gelombang tinggi, sehingga para nelayan diharapkan tidak melaut untuk mengantisipasi dampak cuaca ekstrem yang diprediksi terjadi dalam pekan ini.

Pengguna jasa angkutan dan penyeberangan laut atau yang berencana beraktivitas di pesisir maupun di wilayah perairan sekitar NTB, katanya, tetap waspada terhadap dampak gelombang tinggi dengan kecepatan angin 15-27 knot di wilayah NTB.

"Warga di pesisir pantai tetap waspada terhadap dampak gelombang yang akan terjadi," katanya.

BMKG juga memprediksi adanya potensi hujan sedang hingga lebat pada musim kemarau di Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, dan Dompu.

Info penting dari BMKG untuk NTB: Gelombang tinggi berpotensi menghantam Selat Lombok dan Selat Sape, harap waspada!
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia