Cuaca NTB Akhir Bulan: Waspada Gelombang Tinggi, Nelayan Jangan Nekat Melaut

Rabu, 29 Juni 2022 – 12:46 WIB
Cuaca NTB Akhir Bulan: Waspada Gelombang Tinggi, Nelayan Jangan Nekat Melaut - JPNN.com NTB
BMKG memperingatkan masyarakat untuk wasapa soal potensi gelombang tinggi di perairan NTB. Ilustrasi - Gelombang tsunami: Sultan Amanda/JPNN.com

ntb.jpnn.com, PRAYA - Warga Nusa Tenggara Barat (NTB) diminta untuk waspada di pengujung Juni ini.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan terjadinya gelombang tinggi di perairan NTB di akhir bulan ini.

"Warga harus mewaspadai gelombang tinggi yang bisa mencapai 2 meter atau lebih di NTB," kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid Lombok, Wulan Wardana dalam keterangan tertulisnya, Rabu (29/6).

BMKG juga mengimbau masyarakat yang tinggal di pesisir pantai di Provinsi NTB untuk waspada terhadap gelombang tinggi yang terjadi.

Para nelayan diharapkan tidak pergi melaut, mengingat adanya potensi dampak cuaca ekstrem yang diprediksi terjadi dalam pekan ini.

"Warga di pesisir pantai di wilayah NTB tetap waspada terhadap dampak gelombang yang mungkin terjadi," katanya.

BMKG juga menyatakan warga pengguna jasa angkutan dan penyeberangan laut agar tetap waspada terhadap dampak gelombang tinggi yang terjadi.

Selain itu, warga diharapkan waspada terhadap adanya potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir, serta angin kencang di sekitar wilayah Mataram, Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa, Bima dan Dompu pada siang hingga sore hari. (antara/ket/jpnn)

BMKG memprakirakan cuaca di wilayah NTB selama akhir bulan ini akan terjadi gelombang tinggi, para nelayan diharapkan untuk tidak melaut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News