Taruna Latsitarda Hijaukan Kawasan Eks Tambang Emas Ilegal

Rabu, 25 Mei 2022 – 11:43 WIB
Taruna Latsitarda Hijaukan Kawasan Eks Tambang Emas Ilegal  - JPNN.com NTB
Aparat gabungan saat melakukan penghijauan dengan melakukan penanaman pohon di kawasan Gunung Prabu, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) (ANTARA/Humas Polres Lombok Tengah)

ntb.jpnn.com, LOMBOK TENGAH - Peserta Latsitarda Nusantara Kompi B Elang melakukan kegiatan penghijauan di eks tambang emas ilegal atau Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Prabu Dundang, Desa Prabu, Kecamatan Pujut.

Para taruna Latsitarda, dalam kegiatan tersebut, dibantu oleh aparat gabungan TNI-POLRI bersama Balai Konservasi Sumbar Daya Alam (BKSDA) Lombok Tengah, NTB.

Kapolres Lombok Tengah AKBP Hery Indra Cahyono mengatakan, kegiatan penghijauan itu merupakan upaya penyelamatan lingkungan, rehabilitasi hutan, dan lahan melalui konservasi tanah, air serta penghijauan.

"Ini salah satu upaya untuk tetap menjaga dan melestarikan lingkungan supaya tetap hijau dan asri," katanya.

Bumi saat ini mengalami ancaman global yang serius seperti banjir, erosi, tanah longsor dan hilangnya beberapa jenis flora dan fauna, kebakaran lahan dan hutan serta bertambahnya penduduk dan penambangan liar.

Sehingga dibutuhkan penataan kembali ekosistem tumbuhan yang telah rusak dengan melaksanakan penghijauan dengan menanam pohon.

"Kawasan ini harus kita jaga dan lestarikan bersama untuk kepentingan masyarakat," katanya.

Jumlah pohon yang ditanam sebanyak 500 bibit yang terdiri dari bibit pohon Klengkeng, pohon nangka dan pohon mangga yang ditanam di tiga Lokasi bekas tambang liar yang berada di Kawasan Taman Wisata Alam Gunung Prabu Dundang. (antara/ket/jpnn)

Taruna Latsitarda Nusantara melakukan penghijauan kawasan eks tambang emas ilegal

Redaktur & Reporter : Ketut Efrata

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News