PPKM Dicabut, MotoGP di Mandalika Siap Menggila

Minggu, 01 Januari 2023 – 12:25 WIB
PPKM Dicabut, MotoGP di Mandalika Siap Menggila  - JPNN.com NTB
Ilustrasi. Presiden Joko Widodo saat menyerahkan trofi kepada para pemenang MotoGP Mandalika di Lombok, Minggu (20/3). Foto: MPR RI

ntb.jpnn.com, JAKARTA - Akhirnya tak ada lagi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)

“Lewat pertimbangan-pertimbangan berdasarkan angka-angka yang ada, maka pada hari ini pemerintah memutuskan mencabut PPKM ," kata Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jumat (30/12).

Keputusan ini melegakan semua pihak.

Ini angin segar untuk menormalisasi kembali aktivitas-aktivitas kehidupan dalam semua matra, ke tingkat seperti sebelum pandemi.

Bayangkanlah betapa besar dampak dari tiadanya lagi pembatasan berapa orang yang boleh masuk tribun penonton di Sirkuit Mandalika untuk MotoGP atau Gelora Bung Karno untuk Indonesia Open, atau enam stadion di Indonesia untuk Piala Dunia U20, atau venue-venue besar olahraga lainnya, baik terhadap kegairahan olahraga maupun terhadap aspek-aspek lain terkait olahraga.

Lain dari itu, ketika terjadi mobilisasi massa yang besar, maka itu juga peluang untuk bergairahnya lagi hibrida pariwisata dan olahraga yang lebih dikenal dengan sport-tourism yang perannya bakal semakin besar untuk kegairahan olahraga, pariwisata dan ekonomi nasional.

Mengenai sport tourism ini, ada fakta unik yang disampaikan United Nations World Tourism Organization baru-baru ini bahwa sport-tourism adalah salah satu sektor pariwisata yang tercepat pertumbuhannya yang indikator pertamanya bisa dilihat dari tingkat kunjungan lintas negara.

Perjalanan internasional sendiri secara keseluruhan tumbuh pesat selama puluhan tahun terakhir hingga menembus angka 1,5 miliar kunjungan internasional hingga 2019.

Dengan dicabutnya PPKM, kegiatan MotoGP di Mandalika dipastikan akan membawa manfaat ekonomi yang lebih masif
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia