Erupsi Gunung Semeru: Begini Situasi Penerbangan di Lombok

Selasa, 06 Desember 2022 – 08:54 WIB
Erupsi Gunung Semeru: Begini Situasi Penerbangan di Lombok - JPNN.com NTB
Penumpang di Bandara Lombok, Nusa Tenggara Barat (ANTARA/Akhyar)

ntb.jpnn.com, LOMBOK - Aktivitas penerbangan di Bandara Lombok hingga saat ini masih berjalan lancar dan tidak terdampak erupsi Gunung Semeru.

"Sampai saat ini belum ada pembatalan penerbangan dari dan ke Surabaya terkait erupsi Gunung Semeru," kata Humas Bandara Lombok, Arif Haryanto, Senin (5/12).

Arif Haryanto mengatakan, berdasarkan keterangan informasi dari Airnav pada Minggu, 4 Desember dilaporkan telah terjadi erupsi yang disertai Awan Panas Guguran (APG) mencapai 1.500 meter di atas puncak dan menyebabkan sejumlah gempa letusan selama periode 02.46 - 06.00 WIB.

Ia juga mengemukakan, bahwa telah dikeluarkan peringatan ASHTAM No. VAWR3537 untuk wilayah yang terdampak erupsi yaitu Bandara Internasional Juanda, Surabaya dan Bandara Abdurahman Saleh, Malang.

"Berdasarkan hasil koordinasi dan pemeriksaan sementara di lokasi tersebut, kondisi personel dan fasilitas navigasi penerbangan dalam kondisi aman, termasuk Runway untuk aktivitas take-off atau landing pesawat," katanya.

Ia mengatakan, operasional penerbangan dan pelayanan navigasi penerbangan di Bandara Juanda dan Abdurrahman Saleh berjalan normal.

Personel terus bersiaga untuk mengantisipasi adanya kemungkinan lain erupsi, terlebih, Jawa Timur merupakan salah satu wilayah yang cukup sering diguncang erupsi dan gempa letusan awan panas.

"AirNav Indonesia terus berkoordinasi dengan stakeholder penerbangan terkait update kondisi di lapangan," kata Arif.

Penerbangan di Bandara Lombok hingga saat ini masih terpantau lancar setelah terjadi erupsi Gunung Semeru
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia