Masyarakat NTB Harus Waspada, Ada Bahaya

Rabu, 12 Oktober 2022 – 16:06 WIB
Masyarakat NTB Harus Waspada, Ada Bahaya - JPNN.com NTB
Pemerintah Kabupaten Lombok Barat menebang pohon demi mengantisipasi bahaya. Foto: Humas Polres Lobar for Jpnn.com

ntb.jpnn.com - LOMBOK BARAT - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem masih menghantui Kabupaten Lombok Barat.

Kepolisian tak tinggal diam. Kepanjangan tangan Kapolri Sigit di Lombok Barat menyiapkan beberapa langkah mengantisipasi banjir dan tanah longsor.

"Salah satunya dengan meningkatkan intensitas patroli, mengecek debit air, dan mengawal pemangkasan pohon," kata Kapolres Lombok Barat AKBP Wirasto Adi Nugroho kemarin.

Satuan Samapta Polres Lombok Barat sudah siaga, lengkap dengan peralatan search and rescue.

La Lina

Prakirawan iklim BMKG Kediri Restu Patria Megantara menjelaskan saat ini curah hujan sedang berada di level cukup tinggi, termasuk di Lombok Barat.

Saat ini terjadi fenomena La Lina. 

La Nina merupakan kebalikan dari fenomena El Nino. Nama La Nina berasal dari bahasa Spanyol yang berarti anak perempuan.

Dampak utama dari La Nina di Indonesia adalah peningkatan curah hujan di wilayah tengah dan timur, sebagai akibat dari menghangatnya suhu muka laut di perairan.

Masyarakat NTB mohon bersabar, musim hujan kemungkinan lebih panjang, kemarau tak akan datang.
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia