NTB Target 390 Ribu Dosis Vaksin PMK, Sedikit Lagi Tercapai

Jumat, 16 September 2022 – 09:16 WIB
NTB Target 390 Ribu Dosis Vaksin PMK, Sedikit Lagi Tercapai - JPNN.com NTB
Petugas saat melakukan pelayanan vaksinasi PMK di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (9/9/2022). (FOTO ANTARA/Akhyar).

ntb.jpnn.com, MATARAM - Pemerintah menggalakkan pemberian vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) di Nusa Tenggara Barat.

Sebanyak 390 ribu dosis vaksin PMK sudah terdistribusi ke seluruh kabupaten dan kota di NTB.

Kabid Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) NTB, drh Muslih mengatakan, dari 390 ribu dosis vaksin yang sudah terpakai dan sudah dilaporkan melalui Sistem Informasi Kesehatan Hewan Nasional (iSIKHNAS) baru mencapai sebanyak 238.403 dosis.

"Angka ini akan terus berubah setiap hari karena proses penyuntikan ternak masih terus berlangsung di lapangan," ujarnya, Kamis (15/9).

Ia mengatakan, vaksin yang masih dipakai di NTB adalah vaksin impor.

Dikatakannya, vaksin buatan dalam negeri masih dalam proses produksi.

"Jadi, yang sudah resmi masuk di laporan iSIKHNAS inilah yang sudah betul-betul terpakai yaitu sebanyak 238.403. Dan ini masih jalan sampai hari kemarin. Di NTB sudah kosong vaksinnya. Tadi pagi kita sudah kirim sisanya sebanyak 1.750 dosis ke Lombok Utara," terangnya.

Ia menyatakan, stok vaksin PMK di tingkat provinsi sudah kosong, maka pemerintah pusat akan segera mendatangkan kembali vaksin ke NTB sebanyak 150 ribu dosis untuk segera dikirim ke beberapa daerah yang membutuhkan, terutama ke kabupaten yang progres vaksinasi hewan ternaknya sudah sangat bagus.

Sebanyak 390 ribu vaksin PMK telah didistribusikan ke NTB untuk mengantisipasi PMK
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia