Pemotongan Hewan Kurban di Mataram Dipusatkan di RPH, Tujuannya Jelas

Sabtu, 09 Juli 2022 – 08:00 WIB
Pemotongan Hewan Kurban di Mataram Dipusatkan di RPH, Tujuannya Jelas - JPNN.com NTB
Ilustrasi: sejumlah hewan kurban yang dihimpun Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, mulai datang. Data pagi Jumat (8/7/2022), hewan kurban yang sudah terhimpun sebanyak 15 ekor terdiri atas satu ekor sapi dan 14 ekor kambing. ANTARA/Nirkomala

ntb.jpnn.com, MATARAM - Pemotongan hewan kurban pada Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah akan dipusatkan di rumah potong hewan (RPH).

Hal ini dilakukan agar pemeriksaan hewan dan daging kurban di tengah maraknya virus penyakit mulut dan kuku (PMK) lebih maksimal.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Mataram Fathoni Asfriandi mengatakan, khusus untuk tahun ini pemotongan hewan kurban yang dihimpun Pemerintah Kota Mataram tidak dilakukan di halaman kantor wali kota seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Setelah salat Iduladha, dilakukan serah terima hewan kurban dari Pemerintah Kota Mataram ke panitia dengan zikir dan doa. Kemudian, untuk pemotongan dilakukan di RPH," katanya, Jumat (9/7).

Kota Mataram memiliki dua RPH yang akan menjadi pusat pemotongan hewan kurban dari Pemerintah Kota Mataram.

Dua RPH itu adalah RPH Mejeluk dan RPH Gubuq Mamben Sekarbela.

Menurutnya, target hewan kurban yang akan dihimpun Pemerintah Kota Mataram pada Iduladha 1443 Hijriah sebanyak 46 ekor terdiri atas 15 ekor sapi dan 31 ekor kambing.

Puluhan hewan kurban yang disiapkan itu berasal dari organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Mataram dan dari pihak-pihak lain seperti Bank NTB Syariah, dan Baznas Kota Mataram.

Kegiatan pemotongan hewan kurban dalam rangka Hari raya Iduladha di Mataram dipusatkan di RPH, tujuannya untuk kebaikan bersama
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia