Pasar Kebon Reok Dilengkapi CCTV, Diskominfo Ingin Ungkap Hal Ini

Rabu, 06 Juli 2022 – 14:40 WIB
Pasar Kebon Reok Dilengkapi CCTV, Diskominfo Ingin Ungkap Hal Ini - JPNN.com NTB
Program Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataram berupa pemasangan CCTV (closed circuit television) di areal Pasar Kebon Roek Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (Foto: ANTARA/HO)

ntb.jpnn.com, PASAR KEBON REOK - Pemerintah memasang CCTV di pasar tradisional Kebon Roek untuk memantau agar situasi lebih kondusif.

Pasar Kebon Reok berada di jalur objek wisata internasional Senggigi, Lombok Barat, NTB.

"Pasar Kebon Roek kami pilih menjadi lokasi uji coba pemasangan CCTV ini karena berada di jalan besar dan dilintasi masyarakat banyak, termasuk wisatawan asing," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mataram I Nyoman Swandiasa, Selasa (5/7).

Menurutnya, pemasangan CCTV di pasar tersebut dimaksudkan untuk memantau situasi di kawasan pasar, baik itu terkait lalu lintas, kebersihan, peluang-peluang tindakan kriminal dan lainnya.

Dengan adanya CCTV, lanjutnya, pengawasan lebih mudah dilakukan.

Pemantauan langsung dilakukan dari pusat komando, sehingga ketika ada hal-hal yang perlu ditindaklanjuti, maka diskominfo akan langsung berkoordinasi dengan dinas terkait.

"Misalkan kalau ada kemacetan lalu lintas, kami hubungi dinas perhubungan. Begitu juga kalau ada terjadi tumpukan sampah, maka kami koordinasikan dengan dinas lingkungan hidup (DLH)," katanya.

Dikatakan, program pemasangan CCTV di sejumlah pasar tradisional, terutama yang pasar-pasar besar, seperti Pasar Mandalika dan Cakranegara, serta ruang terbuka hijau (RTH) menjadi target program ke depan.

Pasar Kebon Reok kini dilengkapi dengan CCTV, Diskominfo ternyata selama ini ingin mengungkap kejadian ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News