Sapi Asal NTB Masih Dikirm ke Jakarta, Aman PMK

Selasa, 17 Mei 2022 – 14:12 WIB
Sapi Asal NTB Masih Dikirm ke Jakarta, Aman PMK - JPNN.com NTB
Arsip - Pedagang menjual hewan ternak jenis kambing menjelang Idul Adha di kawasan Manggarai, Jakarta, Selasa (13/7/2021). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

ntb.jpnn.com, JAKARTA - Daging maupun sapi hidup dan hewan ternak lain yang dipasok ke Jakarta masih dalam kondisi aman dari penyakit mulut dan kuku (PMK).

Hal tersebut disebabkan karena daging dan ternak didatangkan dari daerah yang masih bebas PMK.

"Kami memastikan bahwa sumber sapi yang kami ambil selama ini dari tempat yang aman," kata Direktur Utama Perumda Dharma Jaya Raditya Endra Budiman di Jakarta, Selasa (17/5).

Selama ini, pasokan untuk memenuhi kebutuhan daging sapi impor, sebagian besar didatangkan dari Australia dan Brazil, dalam bentuk daging beku.

Sedangkan sapi hidup didatangkan dari Jawa Barat, Lampung,  Nusa Tenggara Barat, dan dari Blora Jawa Tengah.

Meski memastikan sumber sapi dari daerah yang aman PMK, namun ia tetap memberlakukan prosedur ketat dengan memeriksa sapi ketika baru tiba di Jakarta.

Sapi yang terindikasi PMK, akan langsung dikarantina untuk mencegah penularan.

"Kalau dari daerah terindikasi sapi itu tidak boleh turun dari truk, kami masukkan karantina, kami tes di atas truk. Kalau memang ada indikasi, kami suruh keluar, kami akan pulangkan, jadi masuk karantina sendiri," ucapnya.

Ternak sapi asal NTB masih Dikirim ke DKI Jakarta, masih dinyatakan aman daro PMK

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News