MXGP Samota Dipastikan Aman, Sumbawa Nihil Kasus Rabies

Kamis, 26 Mei 2022 – 06:37 WIB
MXGP Samota Dipastikan Aman, Sumbawa Nihil Kasus Rabies - JPNN.com NTB
Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Nusa Tenggara Barat (NTB) Rahmadin. (ANTARA/Nur Imansyah).

ntb.jpnn.com, SUMBAWA - Menjelang perhelatan Motocross Grand Prix (MXGP) Samota pemerintah memastikan tidak ada lagi kasus rabies di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

MXGP Samota akan berlangsung 24-26 Juni 2022.

"Sejauh ini, belum ada kasus gigitan baru di Kabupaten Sumbawa, sehingga kasus rabies tidak perlu dikhawatirkan,” kata Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) NTB Rahmadin di Mataram, Rabu (25/5).

Hal tersebut diyakinkannya, lantaran sudah ada pemberian vaksin secara masif terhadap Hewan Penular Rabies (HPR), terutama anjing.

Ia mengatakan, pihaknya bersama tim berusaha secara maksimal untuk mencegah munculnya kasus gigitan baru.

"Kami semaksimal mungkin akan melaksanakan tindakan-tindakan teknis agar tidak ada kasus gigitan baru. Namun, tetap kami waspadai," ujar Rahmadin.

Rahmadin menyatakan,  telah mengirimkan 9.000 dosis vaksin rabies dari total kebutuhan 8.000 vaksin di Kabupaten Sumbawa.

HPR yang menjadi target vaksin terlebih dahulu ditangkap kemudian disuntikkan vaksin sesuai dengan ketentuan.

Perhelatan balap MXGP di Samota bulan depan dipastikan aman, lantaran Kabupaten Sumbawa hingga saat ini nihil kasus rabies

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News