Kawasan Samota Kaya Potensi, PHRI NTB: Pemerintah Harus Serius

Minggu, 29 Mei 2022 – 14:47 WIB
Kawasan Samota Kaya Potensi, PHRI NTB: Pemerintah Harus Serius - JPNN.com NTB
Pemandangan alam kawasan Samota di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, yang akan menjadi lokasi penyelenggaraan Motocross Grand Prix (MXGP). ANTARA/HO-PLN

ntb.jpnn.com, SUMBAWA - Masih banyak yang bisa dikembangkan dari Nusa Tenggara Barat (NTB), khususnya kawasan Samota yang ada di Pulau Sumbawa.

Demikian disampaikan Ketua PHRI Nusa Tenggara Barat, Ni Ketut Wolini.

Untuk itu, pihaknya mendorong pemerintah provinsi untuk mengembangkan potensi pariwisata yang ada di kawasan Teluk Saleh, Pulau Moyo, dan Gunung Tambora (Samota) tersebut.

"Saya lihat sangat potensial ya. Di Samota ada pantai, teluk, Pulau Moyo dan wisata alam Tambora. Pemandangannya juga luar biasa. Kalau ini dikembangkan tentu berdampak baik bagi perekonomian daerah," ujarnya.

Jika kawasan tersebut dikembangkan dengan maksimal, itu bisa menjadi akselerator pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di NTB.

Terlebih lagi dalam waktu dekat wilayah tersebut akan menjadi lokasi kegiatan balap motocross dunia, yakni Motorcross Grand Prix (MXGP) pada 24-26 Juni 2022.

Wolini mengatakan, MXGP Samota 2022 bisa menjadi titik awal membangkitkan pariwisata di Pulau Sumbawa.

Dengan digelarnya kegiatan internasional itu, infrastruktur dan sarana pendukung pariwisata di sana turut dibenahi, seperti akses jalan, bandara, juga pelabuhan.

Kawasan Samota di Pulau Sumbawa kaya akan potensi wisata, Ketua PHRI NTB berharap pemerintah daerah serius menangani

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News