Cuaca NTB Hari Ini: Hujan Lebat dan Kilat, Waspada Sirkulasi Siklonik

Selasa, 24 Mei 2022 – 10:05 WIB
Cuaca NTB Hari Ini: Hujan Lebat dan Kilat, Waspada Sirkulasi Siklonik - JPNN.com NTB
Pengendara menerobos hujan lebat saat melintasi jalan protokol Palembang. (ANTARAFOTO/Nova Wahyudi)

ntb.jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang terjadi di sejumlah wilayah Indonesia, Selasa (24/5).

Kondisi tersebut terjadi di Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Potensi serupa juga terjadi di Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur.

BMKG mengatakan, sirkulasi siklonik terpantau terjadi di Samudra Hindia sebelah barat Bengkulu, yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di Bengkulu.

Daerah konvergensi lainnya, disebutkan BMKG, memanjang di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, di Bengkulu, di Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dari Maluku Utara hingga Papua Barat.

BMKG menyebutkan, kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut. (antara/ket/jpnn)

Prakiraan cuaca di NTB hari ini: Hujan lebat diserta kilat, waspada terjadi sirkulasi siklonik

Redaktur & Reporter : Ketut Efrata

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News