Jutaan Potensi Investasi Maritim di NTB, Iperindo Ambil Langkah Cepat

Jumat, 09 Desember 2022 – 13:28 WIB
Jutaan Potensi Investasi Maritim di NTB, Iperindo Ambil Langkah Cepat - JPNN.com NTB
Ketua Umum Iperindo Anita Puji Utami (kanan), bersama Ketua Dewan Pembina Iperindo Bambang Haryo (kiri), menyerahkan cenderamata kepada Asisten III Sekretariat Daerah Provinsi NTB H Wirawan Ahmad (tengah), Kamis (8/12/2022). ANTARA/Awaludin

ntb.jpnn.com, MATARAM - Nusa Tenggara Barat kaya akan potensi kemaritiman yang berpeluang untuk meningkatkan perekonomian daerah.

Terkait dengan hal tersebut, Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Lepas Pantai Indonesia (Iperindo) turut melirik potensi investasi untuk mengembangkan industri maritim setempat.

"Ada potensi-potensi peluang bisnis, baik itu secara investasi maupun secara pengembangan industri wisata bahari di daerah," kata Ketua Umum Iperindo Anita Puji Utami, dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Iperindo di Kabupaten Lombok Barat, Jumat (9/12).

Ia mengatakan, kemungkinan untuk mengembangkan industri maritim di NTB sudah ada, mengingat tesedianya beberapa pelabuhan dan kapal-kapal penyeberangan.

Sementara, perusahaan galangan kapal yang ada di NTB, saat ini hanya dua dari 204 perusahaan anggota Iperindo yang tersebar di seluruh Indonesia, namun sebagian besar di Pulau Jawa, dan Batam, sisanya di Sumatera, Kalimantan, dan Sorong.

"Insyaallah jumlah anggota akan terus berkembang hingga 300 perusahaan," ujar Anita.

Ketua Dewan Pembina Iperindo Bambang Haryo menambahkan industri perkapalan adalah industri padat karya, padat modal, dan padat teknologi.

Tentu pihaknya juga menginginkan agar efek ekonomi industri maritim berkembang di NTB.

Melihat banyaknya potensi investasi dalam mengembangkan industri maritim di NTB, Iperindo tak mau ketinggalan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News