Terbaru! Pembangunan Vila Terapung di Pulau Kalong Segera Terwujud

Selasa, 06 Desember 2022 – 09:28 WIB
Terbaru! Pembangunan Vila Terapung di Pulau Kalong Segera Terwujud  - JPNN.com NTB
Pulau Kalong. (ANTARA/HO-Suara NTB)

ntb.jpnn.com, SUMBAWA BARAT - PT Gili Kalong Lestari akan segera merealisasikan pembangunan vila terapung dan dermaga marina di Pulau Kalong, Kabupaten Sumbawa Barat, NTB.

Hal tersebut lantaran perusahaan telah berkoordinasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan NTB terkait rencana perizinan pemanfaatan ruang laut.

Dalam keterangan resmi di Mataram, Senin (5/12), perwakilan investor penanaman modal asing (PMA) asal Swedia itu diterima oleh Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Beny Iskandar, dan Sub Koordinator Tata Ruang Laut, DKP NTB, Hanapi.

Beny mengatakan, pihaknya mengapresiasi rencana investasi yang akan dilakukan oleh perusahaan selama tetap mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Perizinan berusaha bagi PMA langsung diusulkan ke pusat karena kewenangan PMA ada di pusat," katanya.

Sub Koordinator Tata Ruang Laut, DKP NTB, Hanapi, memberikan penjelasan kepada perwakilan investor terkait pengurusan izin pemanfaatan ruang laut diinput melalui sistem Online Single Submission (OSS) dan melampirkan dokumen permohonan seperti rencana dan instalasi bangunan, gambaran umum sekitar lokasi, ekosistem sekitar, dan persyaratan lainnya.

Pemanfaatan yang dilakukan di dalam kawasan konservasi, wajib mengacu pada keputusan Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut nomor 35 tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pelayanan Perizinan Berusaha KBLI 91039 Aktivitas Kawasan Alam Lainnya.

Dalam regulasi tersebut dijelaskan bahwa setiap orang yang melakukan usaha di dalam kawasan konservasi daerah baik yang bersifat menetap ataupun tidak menetap wajib memiliki izin berusaha KNLI 91039 aktivitas kawasan alam lainnya yang diterbitkan melalui OSS berbasis risiko.

Rencana pembangunan vila terapung dan dermaga di Gili Kalong akan segera terealisasikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia