Lestarikan Tenun, Lombok Sumbawa Festival Bikin Gebrakan

Jumat, 02 Desember 2022 – 13:01 WIB
Lestarikan Tenun, Lombok Sumbawa  Festival Bikin Gebrakan - JPNN.com NTB
Ketua Dekranasda NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati. (ANTARA/Nur Imansyah)

ntb.jpnn.com, SUMBAWA - Guna mempromosikan dan melestarikan warisan budaya, Dekranasda Nusa Tenggara Barat menggelar Lombok Sumbawa Tenun Festival 2022. 

Ketua Dekranasda NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati mengatakan, kegiatan Lombok Sumbawa Tenun Festival (LSTF) ini digelar pada 3 Desember 2022.

"Ini sebagai upaya kita mempromosikan kain tenun khas NTB ke nasional maupun internasional serta sebagai upaya kita menjaga dan melestarikan budaya leluhur," ujarnya, Kamis (1/12).

Kegiatan ini dirangkai dengan sejumlah kegiatan lain, seperti Dekranasda Award 2022, lomba desain fashion tenun khas NTB.

Selanjutnya program inkubasi fashion, dan pendidikan kecakapan wirausaha tenun, serta kampanye wastra yang dirangkai dengan pameran wastra NTB.

Niken menjelaskan kegiatan ini juga diarahkan untuk membina, mendampingi, dan meningkatkan kualitas mutu dan produk kriya dan fashion di NTB.

"Kenapa tenun, karena secara turun menurun budaya NTB sudah menenun. Tenun ini bukan seperti batik dari Jawa. Sehingga potensi ini perlu dijaga," terangnya.

Menurut istri Gubernur NTB ini, potensi ekonomi dari kain tenun cukup besar. Bahkan dari tenun ini dapat banyak menyerap tenaga kerja utamanya dari kalangan ibu-ibu dan remaja, sehingga menjadi penopang keluarga.

NTB menggelar Lombok Sumbawa Tenun Festival untuk lestarikan warisan budaya
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia