Pandemi Covid-19 Segera Berakhir, NTB Evaluasi Mendalam

Jumat, 07 Oktober 2022 – 09:04 WIB
Pandemi Covid-19 Segera Berakhir, NTB Evaluasi Mendalam - JPNN.com NTB
Pandemi Covid-19 segera berakhir. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

ntb.jpnn.com, MATARAM - Pemprov Nusa Tenggara Barat siap menuju transisi dari pandemi Covid-19 menjadi endemik.

Kepala Dinas Kesehatan NTB, dr. Lalu Hamzi Fikri, Kamis mengatakan, evaluasi kondisi pandemi Covid-19 terus dilakukan oleh pemerintah sebagai bahan pengambilan keputusan sehingga pemulihan kesehatan masyarakat dan pemulihan ekonomi dapat terus dilakukan.

"Seiring dengan terus membaik-nya situasi pandemi di tanah air termasuk di NTB, telah dilakukan penyesuaian kebijakan dalam masa transisi pandemi menjadi endemik Covid-19," ujarnya di Mataram.

Ia menjelaskan penyesuaian kebijakan ini dapat dilihat pada kegiatan mobilitas masyarakat meniadakan syarat hasil negatif tes antigen maupun PCR bagi para pelaku perjalanan domestik yang sudah lengkap vaksinasi booster-nya.

"Penyesuaian kebijakan tetap dilandasi dengan hasil evaluasi perkembangan Covid-19 di masyarakat. Pelaksanaan kompetisi olahraga juga telah diizinkan untuk dihadiri penonton dengan syarat sudah vaksinasi booster dan wajib menggunakan aplikasi Pedulilindungi untuk check-in," kata Hamzi Fikri.

Selain itu, penyesuaian kebijakan juga dilihat pada pelonggaran penggunaan masker pada areal terbuka.

Namun demikian, meski ada pelonggaran bukan berarti tidak memakai masker sama sekali pada setiap kegiatan tetapi disesuaikan dengan kondisi yang ada.

Termasuk, dengan kegiatan sosial kemasyarakatan dengan komunitas yang banyak tetap menggunakan masker yang baik dan benar.

Pemprov NTB menyatakan diri telah siap mengakhiri pandemi Covid-19 dan menjadi endemi
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia