PMK Marak Jelang Iduladha, Pemkot Mataram Buat Tim Khusus

Selasa, 28 Juni 2022 – 07:20 WIB
PMK Marak Jelang Iduladha, Pemkot Mataram Buat Tim Khusus - JPNN.com NTB
Ilustrasi: Dokumen, kegiatan pemotongan hewan kurban di halaman Kantor Wali Kota Mataram, NTB. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Pemkot Mataram akan menyiapkan tim gabungan untuk melakukan sosialisasi terkait virus penyakit mulut dan kuku (PMK) menjelang Iduladha 1443 Hijriah.

Tim akan didatangkan dari kalangan Mejelis Ulama Indonesia (MUI), Dewan Masjid, Kemenag, dan Dinas Pertanian.

"Sosialisasi dilakukan kepada panitia-panitia kurban di kota ini, sehingga tidak ada lagi keraguan masyarakat terkait dengan masalah PMK," kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Mataram Lalu Martawang, Senin (27/6).

Sebagai salah satu dasar kegiatan sosialisasi, Pemkot Mataram saat ini sedang menyiapkan surat edaran terkait dengan virus PMK sebagai jaminan kesehatan hewan dan daging kurban saat Iduladha 1443 Hijriah.

Surat edaran itu nantinya dikeluarkan dinas pertanian dan ditandatangani langsung oleh Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana.

"Dalam edaran tersebut ada dua hal penting yang akan ditekankan untuk menjawab keraguan masyarakat terkait dengan virus PMK," katanya.

Dua hal penting yang dimaksudkan itu, kata Martawang, pertama terkait dengan edaran turun dari MUI oleh Kementerian Agama yang menyebutkan berkurban dengan ternak terserang PMK gejala ringan, tidak akan berpengaruh terhadap kesehatan asalkan dimasak atau direbus dengan benar.

Kedua, petugas dari Dinas Pertanian (Distan) bersama dokter hewan akan turun memastikan dan maksimalkan skenario di lapangan sebelum dan setelah Iduladha.

Wabah PMK masih marak menjelang Iduladha, Pemkot Mataram akan buat tim khusus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News