Terdakwa Korupsi Kolam Labuh Divonis Bebas, Jaksa Ajukan Kasasi

Rabu, 05 Oktober 2022 – 11:26 WIB
Terdakwa Korupsi Kolam Labuh Divonis Bebas, Jaksa Ajukan Kasasi - JPNN.com NTB
Kepala Seksi Pidsus Isa Anshori (kanan) dan Kepala Seksi Intelijen Lalu Mohamad Rasyidi melakukan pendaftaran surat permohonan pengajuan kasasi terkait dengan vonis bebas Nugroho, terdakwa korupsi proyek kolam labuh Dermaga Labuhan Haji, di Pengadilan Negeri Mataram, NTB, Senin (3-10-2022). ANTARA/HO-Kejari Lombok Timur

ntb.jpnn.com, LOMBOK TIMUR - Jaksa penuntut umum mengajukan kasasi ke Pengadilan Negeri Mataram terkait dengan vonis bebas Nugroho, terdakwa korupsi penataan dan pengerukan kolam labuh Dermaga Labuhan Haji, Kabupaten Lombok Timur, NTB.

"Kami sudah menyatakan kasasi. Pada hari Senin (3/10), kami ajukan permohonan ke pengadilan," kata Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Lombok Timur Lalu Mohamad Rasyidi melalui sambungan telepon.

Dengan adanya pernyataan resmi tersebut, Rasyidi meyakinkan bahwa jaksa penuntut umum memiliki tenggat 14 hari untuk menyiapkan memori permohonan upaya hukum kasasi tersebut.

"Kami harap memori kasasi bisa rampung dalam batas waktu 14 hari sejak pernyataan kasasi kami ajukan ke pengadilan," ujarnya, Selasa (4/10).

Sebagai bahan kelengkapan memori kasasi, kata dia, jaksa penuntut umum kini sedang mempelajari pertimbangan hakim menjatuhkan vonis bebas kepada terdakwa Nugroho yang berperan sebagai pejabat pembuat komitmen (PPK) proyek.

Hal itu, lanjut dia, termasuk pertimbangan hakim yang hanya menyatakan bahwa perbuatan terdakwa tidak terbukti secara pidana.

Namun, mengabulkan tuntutan untuk pencairan jaminan uang muka proyek senilai Rp 6,7 miliar pada Bank BNI Cabang Utama Bandung ke kas daerah Kabupaten Lombok Timur.

"Pada intinya apa yang menjadi pertimbangan majelis hakim dalam putusan bebas ini akan kami tuangkan dalam memori kasasi. Semoga bukan hanya pencairan itu saja yang dikabulkan, melainkan juga persoalan pidana," ucap dia.

Terkait dengan vonis bebas terhadap terdakwa kasus korupsi kolam labuh, jaksa akan ajukan kasasi
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia